Instalasi Drupal 8

Drupal merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang banyak digunakan untuk membangun situs dan bersifat open source. Namun drupal tidak hanya sebatas CMS tapi juga sebagai framework, artinya drupal memungkinkan untuk para developer merubah/membuat fungsi/module sesuai kebutuhan. Drupal berkembang karena didukung oleh komunitas yang aktif memberikan kontribusi. Dalam situsnya drupal.org (per tanggal 11 Agustus 2016) ada lebih dari seratus dua ribu user yang saat ini aktif berkontribusi dalam pengembangan drupal. Karena dikembangkan oleh banyak orang, maka hampir semua kebutuhan dalam membangun sistem dapat terpenuhi. Berbagai macam module dan theme dikembangkan, sistem drupal untuk kebutuhan tertentu (drupal distribution) juga semakin beragam. Terlebih saat ini adalah versi drupal 8 yang berbeda dengan versi drupal sebelumnya. Dalam versi ini banyak hal baru yang ditambahkan, diantaranya adalah penambahan core module, mobile friendly, dukungan html5, twig theme, penambahan field types, quick edit, webservice, dll. Dengan demikian banyak kemudahan dalam membangun sistem karena semua peran mendapatkan bagian masing-masing, misal content author dimudahkan karena memiliki quick edit, web designer dimudahkan dengan twig dan dukungan html5, programmer dapat dengan mudah menyediakan web service, dll.

Demikian penjelasan singkat tentang drupal, saat ini kita akan memulai mempelajari drupal dengan melakukan instalasi pada komputer atau server kita.
Langkah-langkah
- Download drupal 8 dari situs drupal.org
- Ekstrak file dan lakukan instalasi berdasarkan panduan yang ada di file INSTALL.txt didalam direktori core (core/INSTALL.txt)



Berikut ini adalah video tutorial instalasi drupal 8.

Comments

Popular posts from this blog

Telegram Bot LirikLaguKristiani